Selasa, 30 April 2013

Kadaluarsa


kadaluarsa itu pasti

Ada yang mendapatkan kekasih baru, ketika seseorang di tempat yang lain setia menunggu kedatangannya.

Ada yang setia menunggu ketika seseorang yang ditunggu mendapatkan pasangan hidup yang bukan ia.

Ada yang sama-sama menunggu sampai tak tahu waktu, kemudian terjebak dalam kenyataan besar tentang lamanya waktu yang telah dihabiskan untuk menunggu.

Sampai kapan kamu harus menunggu?
...

Farmasis adalah profesi yang berwenang untuk menentukan masa kadaluarsa makanan, obat maupun kosmetik. Sebagai farmasis, sudah selayaknya juga untuk memiliki kewenangan menentukan masa kadaluarsa sebuah penantian. Mulai ngaco memang, tapi ... ah sudahlah ....

Sadar atau tidak setiap penantian memiliki masa kadaluarsanya, hal itu karena penantian tak lepas dari faktor yang berlekatan erat dengan perasaan. Panjang – pendeknya masa kadaluarsa dipengaruhi oleh pengawet, dimana pengawet ini dibagi menjadi dua golongan; pengawet alami dan buatan.

Pengawet alami adalah cinta, perasaan yang dipelihara, pengawet jenis ini adalah pengawet terbaik bagi penantian, karena dapat menjauhkan masa kadaluarsa dan memiliki efek samping positif, menguatkan si pemelihara rasa dalam hidupnya. Berbeda dengan pengawet alami pada makanan yang seringkali hanya membuat makanan bertahan sebentar.

Pengawet buatan penantian adalah lingkungan, pengawet ini tidak stabil, rentan mengalami kontaminasi sehingga efeknya tidak sesuai dengan tujuan semula. Sensitifitas masing-masing pemelihara rasa yang menentukan seberapa mudahnya keawetan penantian terkontaminasi. Karena individu yang terlalu sensitif dapat mudah terpengaruh bila sebuah lingkungan berubah, sehingga efek dari pengawetnya pun turut serta berubah.

Masa kadaluarsa penting diketahui agar konsumen terjamin keamanannya dalam penggunaan makanan, obat maupun kosmetik. Kadaluarsa adalah masa dimana produsen tak bisa lagi menjamin keamanan dari produksinya. Setelah melewati masa kadaluarsa, bisa saja produksi tersebut tidak lagi memiliki efek seperti yang diinginkan atau yang paling ditakutkan adalah menimbulkan keracunan.

Sebagai pemelihara rasa, kamu sebaiknya mengetahui apakah penantianmu itu telah memasuki masa kadaluarsa atau belum. Bisa jadi penantianmu itu tidak lagi efektif, dan bila diteruskan akan berakibat buruk kepada hatimu. Kamu harus memahami dengan baik apakah penantianmu itu masih membuat ia memercayakan perasaan dan masa depannya dalam genggaman tanggung jawabmu? Ataukah masihkah kebahagiannya dalah dirimu? Bila kamu meragu itu berarti kamu telah memasuki masa kadaluarsa dalam penantian. Lebih baik jangan kamu teruskan, karena hal itu sangat mungkin akan bersifat meracuni hatimu. Kadaluarsa penantianmu akan membuatmu nyaman dengan kesendirian yang kamu ratapi sendiri, membohongimu dengan keyakinan palsu bahwa ia masih menginginkanmu, dan kamu akan menyangkal sejadi-jadinya bahwa kenyataan tersebut benar.

Dalam prosesnya, kadaluarsa dihitung melalui kecepatan reaksi suatu makanan, obat, kosmetik atau zat lain berubah menjadi senyawa lain yang tidak sesuai dengan tujuan penggunaan. Masa kadaluarsa penantian dihitung dari minimal pengorbanan yang dilakukan apakah masih memiliki keefektivan dalam masa penantian tersebut. Bijaklah dalam menghitung masa kadaluarsa tersebut, karena mereka yang kemudian candu dengan penantian masa lalu, berarti telah mengalami gejala keracunan yang disebabkan oleh masa kadaluarsa penantian.

Hal ini juga berlaku bagi hubungan yang telah lama membuat satu sama lain tak nyaman, namun selalu tak tahu bagaimana untuk mengakhiri. Sayang karena waktu yang telah dijalani selama ini, namun khawatir dengan masa depan yang segera didatangi. Lepaskanlah, jangan biarkan hati tersakiti karena racun masa kadaluarsa. 

Move on, waktu berputar tanpa mau tahu kita siap akan masa depan atau tidak. Kamu akan digerus tanpa ampun oleh hari kemarin bila kamu masih tetap setia berpegangan padanya. Lihat ke depan, dimana kenyataan dibunyikan untuk menemani nyanyian kebahagiaan.

Demikianlah, saya sebagai calon farmasis dalam menentukan masa kadaluarsa, dan walaupun ngaco, semoga bermanfaat.

Selamat menghitung masa kadaluarsa dengan tepat.

Dan, selamat hidup dengan baik.

:p

0 komentar:

Poskan Komentar